Minggu, 05 Oktober 2014

dampak positif dan negatif perkembangan teknologi terhadap 4 aspek suprastruktur

Seiring perubahan zaman yang terus menerus melangkah maju, perkembangan teknologi tidak bisa dipungkiri lagi, memang berjalan begitu cepat. Begitupun kebutuhan manusia semakin hari semakin meningkat dan kompleks. Untuk mengimbangi gaya hidup masa kini yang orang-orang bilang dunia saat ini tidak mengenal batas ruang dan waktu. Ilmu pengetahuan yang semakin berkembang di segala bidang dalam kehidupan, dan perkembangan teknologi yang semakin mutakhir tentunya mempunyai tujuan yang tidak lain yaitu agar mempermudah segala kegiatan manusia untuk menjalani kehidupan sehari harinya.  Jadi tingkat efisiensi dalam segala aspek dalam kehidupan sangat diutamakan dan menjadi suatu kebutuhan tersendiri untuk manusia. Semua perkembangan yang terjadi ini merupakan hasil dari pemikiran-pemikiran cemerlang dan tangan-tangan dan otak para pemikir/inventor, dan tujuannya untuk digunakan atau diaplikasikan oleh manusia itu sendiri. Tidak luput berbagai macam proses dan interaksi terjadi secara aktif sehingga kita bisa melihat hasilnya saat ini bahwa perkembangan teknologi layaknya seperti olahraga pacuan kuda yang selalu berusaha untuk ada di posisi terdepan. Kompetensi pun dibutuhkan untuk bisa bertahan hidup di masyarakat saat ini. Walaupun  begitu  baiknya kita bisa mengimbangi bergulirnya teknologi yang semakin maju dengan kehidupan sehari-hari kita dan terus menjadi seseorang yang produktif untuk kemudian di masa yang akan datang teknologi terus dimutakhirkan.

Kita ketahui bahwa perkembangan sesuatu tidak selalu berarti membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Memang yang kita inginkan adalah segala sesuatu yg baik dan berarti. Di sisi lain ada aspek yang perlu diperhatikan pula saat perubahan datang menerpa mencoba menyusup dan menelusuri setiap sisi kehidupan kita. Dengan kata lain, kita perlu, setidaknya mengetahui dengan kesadaran akal sendiri bahwa di saat teknologi memberikan pengaruh yang baik di dalam berbagai bidang di kehidupan manusia, di saat itu pula terdapat pengaruh yang bisa kita katakan tidak baik.

Kita mulai dari bidang ekonomi. Ekonomi bisa dikatakan merupakan akar dari suatu negara atau masyarakat. Dengan ekonomi tingkat kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara bisa diukur. Perkembangan teknologi di bidang ini bisa dikatakan baru awal tahun 2000-an berkembang begitu pesat. Adanya jaringan internet dan sistem ekonomi yang terus berkembang secara offline maupun online banyak mempengaruhi masyarakat. Baiknya, kita ketahui di zaman sekarang kita bisa melakukan transaksi jual beli secara online. Sehingga kita tidak perlu lagi untuk menghabiskan tenaga dan upaya untuk melakukan transaksi ekonomi. Yang dibutuhkan adalah jaringan internet, dan suatu sistem yang saling terhubung antar masyarakatnya. Hubungan sesama manusia tidak bisa dipungkiri lagi saat ini menjadi suatu prioritas. Mereka terhubung dengan mudahnya akibat dari perkembangan teknologi ini. Apalagi di zaman sekarang media sosial sepeerti facebook,twitter, instagram dan lainya sudah merupakan suatu kebutuhan untuk kelancaran dalam proses transaksi ekonomi. Berterima kasihlah pada para inventor yg telah membuat semua hal ini menjadi mudah. Kita ketahui banyak online shop bermunculan dan semakin tumbuh hingga saat ini. Itu artinya banyak masyarakat yg sudah tahu bahwa teknologi yang sangat fleksibel ini bisa menjadikan proses transaksi ekonomi menjadi mudah. Karena bnyak yg menjadi penjual/seller rumahan dan itu membawa pengaruh baik untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Di sisi lain ada juga dampak negatif dari adanya perkembangan teknologi ini di bidang ekonomi yakni dengan adanya banyak online shop saat ini membuat masyarakat menjadi individu yang malas untuk pergi keluar rumah dan bergerak untuk mencari atau membeli apa yang mereka butuhkan. Akibatnya mereka menjadi lebih sering diam di rumah dan hanya memandangi layar smartphone atau laptop atau tablet mereka untuk melakukan transaksi ekonomi. Dan itu berakibat pula terhadap peningkatan kerusakan penglihatan pada mata akibat dari terlalu sering memandangi layar gadget. Apalagi bagi mereka yang mempunyai kartu kredit membuat mereka menjadi manusia yang konsumtif. Tentu saja hal ini adalah dampak negatif.

Selanjutnya di bidang politik, kita bisa melihat pada zaman demokrasi saat ini di indonesia misalnya, sudah menerapkan sistem quick count dalam masa pemilihan umum presiden maupun pemilihan legislatif . Hal ini tentu berpengaruh baik bagi semua lapisan masyarakat agar bisa mengetahui dengan cepat hasil penghitungan suara dalam waktu sementara sebelum hasil penghitungan suara secara sah dan final diumumkan oleh badan terkait. Namun dalam prakteknya di ketahui dari pengalaman yang sudah-sudah, keberadaan sistem quick count ini sepertinya bisa disalahgunakan oleh sebagian pihak yang tidak bertanggung jawab. Masyarakat secara jelas dapat dikelabui pendapatnya melalui media-media yang tidak bersifat netral. Dalam kata lain hasil quick count yang ada, sebagian merupakan hasil manipulasi oleh beberapa pihak dan disampaikan kepada khalayak luas melalui media yg paling berpengaruh yaitu televisi.

Mengenai perkembangan teknologi memang tidak lepas dampaknya terhadap kebudayaan. Kebudayaan suatu masyarakat di Indonesia tepatnya, berbeda-beda, dan sangat pluralis. Dari keberagaman budaya inilah menjadi suatu pegangan kuat bagi kita bangsa Indonesia bahwa kita merupakan negeri yang kaya raya. Tidak hanya alam dan sumber daya nya. Perkembangan teknologi yang dibawa oleh dunia luar terhadap Indonesia dan begitu pula sebaliknya, telah berkontribusi sangat besar bagi kelestarian kebudayaan Indonesia. Melalui teknologi yang kita alami saat ini, kita bisa dengan mudah belajar dan menimba ilmu mengenai kebudayaan lain diluar kebudayaan kita sendiri. Melalui berbagai macam cara, bisa melalui media massa yang terdiri dari media elektronik seperti televisi, laptop; media cetak seperti majalah dan surat kabar; juga adanya internet membuat semua nya menjadi lebih mudah terhubung satu sama lain. Walaupun terpisah belahan pulau kita tetap dapat mempelajari budaya-budaya masyarakat lain di luar sana, kebudayaan seperti berbagai bahasa, kesenian, maupun berbagai macam sajian kuliner. Tentu hal ini akan memperkaya ilmu pengetahuan masyarakat akan kebudayaan dan menciptakan wawasan yang luas. Sehingga akan tumbuh rasa untuk mencintai dan bertanggung jawab untuk tetap dapat melestarikan dan memperkenalkan kebudayaannya kepada dunia luar. Memang hal itu bersifat sangat positif. Tetapi bagaiman jika di lain sisi kita ketahui bahwa perkembangan teknologi dalam aspek kebudayaan ini telah mempengaruhi sedikit banyak masyarakat yang hanya bisa mempelajari budaya-budaya yang bisa dikatakan tidak baik atau tidak sesuai dengan norma-norma yang dianutnya. Hal ini tentu akan membawa pada perubahan sikap yang terkadang menyimpang dari nilai-nilai positif. Seperti misalnya orang yang mengikuti gaya berbusana serba minim dan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minum akibat dari ter-expose-nya suatu contoh kebudayaan di luar sana yang berbeda dari kebudayaannya sendiri. Mungkin beberapa orang berpikir ada pemikiran liberalisme dalam dirinya namun harus kita ingat juga pepatah tentang di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, right?

Mengenai pepatah diatas, kita menyadari bahwa kita merupakan bagian dari suatu masyarakat, yang banyak melakukan mobilitas, dan juga tak lepas dari berbagai interaksi dan sosialisasi terjadi di dalamnya. Karena itu kita membutuhkan teknologi yang akan sangat membantu terciptanya proses interaksi dan komunikasi yang efektif dalam suatu masyarakat. Perkembangan teknologi memang sepertinya lebih banyak berpengaruh terhadap bidang sosial ini karena hal ini tidak pernah luput dari kehidupan kita sebagai manusia. Dulu kita benar-benar melakukan segala sesuatunya secara faktual dan sungguh-sungguh. Pasti dulu kita juga merasakan bagaimana zaman dahulu saat tidak ada gadget-gadget mutakhir seperti sekarang,  disaat kita ingin berkomunikasi dengan teman kita harus pergi langsung menemuinya atau hanya dengan mengirim surat yang membutuhkan waktu yang lama. Namun saat ini, kita bisa dengan mudah melakukannya hanya dengan melalui gadget kesayangan kita . Apalagi dengan dukungan berbagai macam aplikasi media sosial yang terus berkembang saat ini, sudah jelaslah bahwa perkembangan teknologi disini sangat mempermudah manusia dalam melakukan hubungan atau interaksi dengan manusia lainnya. Dampak positifnya yaitu bisa dikatakan, "yang jauh terasa dekat". Ada juga "yang dekat terasa jauh", ini merupakan kebalikan dari dampak positif akibat adanya perkembangan teknologi dalam bidang sosial. Disaat setiap orang yang sedang berkumpul dalam lingkungan sosialnya, di zaman sekarang ini mereka terkadang menjadi terlihat lebih sibuk memainkan gadgetnya; walaupun itu untuk berkomunikasi. Dan kondisi pun akan berubah menjadi seperti "yang dekat dijauhkan".  Padahal di dalam lingkungan sosial itu mereka berada berdekatan tetapi menjadi terlalu sibuk untuk mengobrol sesuatu dengan orang yang berada di dekatnya dan lebih asyik mengurusi dunia dalam gadgetnya . Ini dapat mengakibatkan seseorang menjadi pribadi yang individualis. Dan tentunya hal ini tidak terasa baik mengingat kita adalah bagian dari masyarakat.

Sedikit mengenai beberapa dampak-dampak negatif dan positif mengenai akibat perkembangan teknologi dalam beberapa aspek di kehidupan manusia. Catatan kecil ini mungkin hanya merupakan pandangan sempit penulis yang hanya merupakan bagian terkecil dari suatu masyarakat yang sedang menyelami zaman dimana didalamnya terjadi perkembangan teknologi yang masih terus berlanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar