Minggu, 12 Oktober 2014

Rupert Murdoch, dan penguasa media lainnya di dunia

Dalam bidang komunikasi dan informasi, tidak dapat terlepas dari adanya peran media. baik itu media elektronik, media massa, ataupun media internet. berbicara mengenai media, kita juga harus mengetahui seseorang yang merupakan raja media, seseoarang yang menguasai banyak media yanga ada di dunia ini. yaitu Rupert Murdoch.



Keith Rupert Murdoch, adalah seorang raja media dari negara Paman Sam. Ia sebelumnya merupakan warganegara Australia, namun kini telah menjadi warganegara Amerika Serikat.
News Corporation, salah satu perusahaan media terbesar dan paling berpengaruh di dunia, adalah perusahaan publik yang dipegang oleh Rupert Murdoch. Didirikan pada tahun 1979 di Australia, perusahaan ini dipindahkan ke Amerika Serikat pada tahun 1980. Perrusahaan ini memiliki ribuan media massa, seperti pesaing globalnya, General Electric.
Fox News Channel adalah saluran berita terkini yang dikemas cermat oleh Fox Broadcasting Company. Dirintis oleh Rupert Murdoch, saluran ini didirikan pada tanggal 7 Oktober 1996, dengan bantuan dari CBS, NBC dan ABC.
20th Century Fox, kependekan dari Twentieth Century Fox Film Corporation, adalah salah satu studio film utama, terletak di Century City, California, Amerika Serikat, persis di barat Beverly Hills. Studio ini merupakan anak perusahaan News Corporation, konglomerat media yang dikuasai oleh Rupert Murdoch.
Perusahaan ini merupakan hasil dari penggabungan dua perusahaan, Fox Film Corporation didirikan oleh William Fox pada 1914, dan Twentieth Century Pictures, dimulai pada 1933 oleh Darryl F. Zanuck, Joseph Schenck, Raymond Griffith dan William Goetz.
The Times adalah surat kabar harian yang diterbitkan di Inggris Raya sejak tahun 1785, ketika itu masih dikenal dengan nama The Daily Universal Register.
Surat kabar ini dan saudaranya The Sunday Times diterbitkan oleh Times Newspapers Limited, yang merupakan bagian dari News International. News International dimiliki secara keseluruhan oleh kelompok News Corporations, yang dipimpin oleh Rupert Murdoch.
inilah beberapa Media Massa lainnya yang dikuasai oleh Si Raja Media Ruppert Murdoch, antara lain News Limited (Australia), The Sun (inggris), The News World (Inggris), Sky Television (Inggris), San Antonio Express News (Amerika), Supermarket Star (Amerika), New York Post (Amerika), 20th Century Fox (Amerika),  Metro Media (Amerika), Star TV (Asia), My Space (Amerika).


Beberapa tokoh-tokoh dunia yang menguasai industri media seperti halnya Rupert Murdoch. Yaitu :
  • Joseph Pulitzer (1847-1911)

Dia menghidupkan kembali atau mendirikan harian The St. Post-Dispatch (1878), The New York World (1883), dan The Evening World (1887). Koran-koran itu berkembang berdasarkan pelaporan investigatif, sensasionalisme, dan pembeberan kesalahan-kesalahan politik. Sesudah wafat, dampak Joseph Pulitzer pada jurnalisme dan kesenian masih berlangsung.
  • David Sarnoff (1891-1971) “BAPAK TELEVISI AMERICA”
  • Adolph Ochs (1858-1935)
Harian The New York Times  Penerapan pandangannya mengakibatkan NYT menjadi koran terkemuka AS yang tak tertandingi dalam gengsi dan dampak globalnya.
Dua tokoh utama berdarah Yahudi-AS masa kini di balik kebesaran NYT adalah Joseph Lelyveld dan Max Frankel. Kedua-duanya adalah editor eksekutif harian bergengsi ini, di samping itu, Frankel adalah seorang penulis.
  • Baron Paul J. Reuter (1816-1899)
  • William S. Paley


Tidak ada komentar:

Posting Komentar